Didong Doah (cakap-cakap PA PERMATA GBKP 26 Maret-01 April 2017)


Didong Doah

(Kejadian 2:23-24; Masmur 127:4)

pernikahan

                Mungkin teman-teman PERMATA GBKP akan bertanya, mengapa tema tentang persiapan menjadi keluarga ini menjadi tema PA PERMATA GBKP 2017? Secara umum dari percakapan atau diskusi dengan pelayanan kategorial lainnya seperti Moria dan Mamre maka ada kecendrungan orang-orang muda yang menikah ketika memiliki anak seperti tidak mampu untuk memainkan tanggungjawabnya sebagai orang tua.  Ya tentu saja banyak sebabnya seperti pekerjaan dan karir, belum berpengalaman, dll.  Bertolak dari persoalan-persoalan ini maka PERMATA GBKP harus mempersiapkan orang-orang muda yang akan menikah untuk memahami akan tanggungjawabnya nanti juga sebagai orangtua.

Bahan PA PERMATA GBKP 26 Maret – 01 April berbicara tentang laki-laki dan perempuan yang akan bersatu menjadi suami istri.  Ini pemahaman yang masih kita pegang di tengah gereja kita karena saat ini karena begitu banyaknya berkembang isu-isu tentang LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender).  Gereja kita tidak mengakui dan menerima pernikahan sejenis. Kemudian dilanjutkan tentang peran dan tanggungjawab nantinya  sebagai orangtua. Walaupun pasangan yang masih muda tetapi mampu menjadi orangtua yang baik bagi anak-anak, inilah yang menjadi harapan ke depannya.

Tuhan telah mempersiapkan segalanya bagi kehidupan umat manusia.  Tidak hanya dunia ini dan segala isinya tetapi juga Tuhan menyediakan teman yang menjadi penolong sebab tidak baik manusia itu sendiri.  Inilah dasar teologis pernikahan sehingga seorang laki-laki dan perempuan akan bersatu menjadi satu daging.  Kemudian nantinya seorang laki-laki akan menjadi seorang suami dan seorang perempuan akan menjadi seorang istri dan keduanya akan menjadi orangtua bagi anak-anak untuk membawanya mengenal Allah.

keluargaMari teman-teman PERMATA GBKP, persiapkan diri tidak hanya menjadi seorang suami atau istri yang baik tetapi juga nantinya menjadi orangtua yang bertanggunjawab terhadap anak-anak yang diberikan oleh Tuhan di tengah-tengah keluarga.

Selamat er-Didong Doah gelah pagi anakta si dilaki lampas mbelin janah jadi galah gedang man mamandu bagepe si nangkih mayang man mamindu, di seh pagi paksana si legi in impalndu.  Bagepe anakta si diberu gelah jadi sin utu cimpa man bibindu, gelah adi enggo mbelin pagi reh impalna. (SJS)

Advertisements

Halo PERMATA silahkan berikan Komentar kalian

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s