Aksi Kebersihan dalam menyambut CIMPA 2016


Aksi Bersih
Syaloom teman-teman PERMATA GBKP !

Tanggal 6 Agustus 2016 kemarin merupakan hari dimana dilaksanakannya Aksi Bersih yang merupakan kegiatan Aksi dalam menyambut CIMPA 2016. Dari data yang telah dikumpulkan oleh panitia sebanyak 300 PERMATA GBKP sudah siap untuk mengikuti Aksi Bersih ini.

Namun pada hari H sebuah Truk yang mengangkut pasir terbalik disekitar PDAM Tirtanadi Sibolangit, sehingga menyebabkan jalan dari Medan menuju Kabupaten Tanah Karo & Sebaliknya menjadi macet total sehingga para peserta Aksi Kebersihan yang berasal dari Klasis Medan Sekitarnya merasakan macet yang berkepanjangan. Bahkan sebagian dari mereka yang menggunakan transportasi mobil ada yang berputar balik saking tidak tahan dengan macet yang begitu panjang tersebut.

Tapi puji TUHAN, ada juga PERMATA GBKP yang menggunakan kendaraan sepeda motor sehingga mereka bisa menyalip dari kemacetan dan bisa tiba terlebih dahulu di Retreat Center. Kemacetan tersebut juga mengakibatkan kurangnya jumlah peserta yang mengikuti Aksi Bersih, meskipun begitu PERMATA GBKP yang berhasil menembus kemacetan tetap semangat untuk menjalankan Aksi Bersih tersebut.

Aksi Bersih yang seharusnya dimulai pukul 09.00 WIB ini akhirnya dimulai pukul 12.00 WIB, adapun teman-teman PERMATA GBKP yang berhasil melewati kemacetan tersebut adalah dari Klasis Lubuk Pakam, Menara, Binjai Langkat, Medan Kampung Lalang, Medan Deli Tua, dan Sibolangit. Tepat pukul 12.00 WIB Roy Salam Tarigan selaku Wakil Ketua CIMPA 2016 memberikan arahan mengenai pembagian grup, mekanisme, dan titik awal aksi bersih sampai titik akhir.

Grup 1 memulai aksi bersih dari Kantor kepala desa sukamakmur sampai ke Pintu Gerbang Retreat Center. Grup 2 memulai aksi bersih dari Pintu Gerbang Retreat Center sampai ke kantor camat Sibolangit.

Walaupun pada saat itu Matahari bersinar dengan teriknya, namun antusias PERMATA GBKP semakin membara untuk terus membersihkan jalanan dari sampah-sampah. Sampah utama yang dikutip oleh PERMATA GBKP adalah sampah anorganik seperti Botol minuman kemasan, plastik, dan jenis sampah sejenisnya. Melalui aksi bersih ini Panitia CIMPA 2016 menghimbau kepada teman-teman PERMATA GBKP agar lebih peduli terhadap lingkungan sekaligus juga menjaga lingkungan, salah satu hal kecil yang dapat PERMATA GBKP lakukan untuk tetap menjaga lingkungan adalah dengan cara membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan tempat tinggal menjadi lebih bersih, selain itu dengan terciptanya lingkungan yang bersih maka kita terhindar dari dampak buruk bagi kehidupan kita.

Artikel ini ditulis oleh Badia Tarigan
dan dibantu oleh kontributor Salomo Ginting

Advertisements

Halo PERMATA silahkan berikan Komentar kalian

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s