Jam Doa PERMATA GBKP (PERMATA GBKP Berdoa 20-26 Juni 2016)


 

prayer 2

Jam Doa PERMATA GBKP

Bersyukur Senantiasa

(bd. Filp. 4:10-13) 

Persiapan jam Doa PERMATA GBKP:

  1. Tidak ada yang Membawa Hp saat Pelaksaan Jam Doa (mengosongkan Diri Sepenuhya)
  2. Drescode Putih (baju)
  3. Saat Memasuki Ruangan, tidak ada Komunikasi Antara satu dengan yang Lainya.( Semua dipandu oleh 1-2 Orang)
  4. Lilin di Tengah Berbentuk Salib, Sebagai Titik Fokus
  5. Sediakan Kertas dan Pulpen untuk di bagikan Kepada Peserta Jam Doa

 

 Pengantar ( dibacakan Oleh satu Orang) “Sambil Di iringi Musik”

Seorang lelaki berjalan tak tentu arah dgn rasa putus asa. Kondisi finansial keluarganya morat-marit. Saat menyusuri jalanan sepi, kakinya terantuk sesuatu. Ia membungkuk dan menggerutu kecewa. “Uh, hanya sebuah koin kuno yg sudah penyok.” Meskipun begitu ia membawa koin itu ke bank.   “Sebaiknya koin in dibawa ke kolektor uang kuno”, kata teller itu memberi saran. Lelaki itu membawa koinnya ke kolektor. Beruntung sekali, koinnya dihargai 30 dollar.  Lelaki itu begitu senang. Saat lewat toko perkakas, dilihatnya beberapa lembar kayu obral. Dia pun membeli kayu seharga 30 dollar untuk membuat rak buat istrinya. Dia memanggul kayu tersebut dan beranjak pulang.

Di tengah perjalanan dia melewati bengkel pembuat mebel. Mata pemilik bengkel sudah terlatih melihat kayu bermutu yang dipanggul lelaki itu. Dia menawarkan lemari 100 dollar untuk menukar kayu itu. Setelah setuju, dia meminjam gerobak untuk membawa pulang lemari itu. Di tengah perjalanan dia melewati perumahan baru. Seorang wanita melihat lemari yang indah itu dan menawarnya 200 dollar. Lelaki itu ragu-ragu. Si wanita menaikkan tawarannya menjadi 250 dollar. Lelaki itupun setuju dan mengembalikan gerobaknya.  Saat sampai di pintu desa, dia ingin memastikan uangnya. Ia merogoh sakunya dan menghitung lembaran bernilai 250 dollar. Tiba-tiba seorang perampok keluar dari semak-semak, mengacungkan belati, merampas uang itu, lalu kabur.  Istrinya kebetulan melihat dan berlari mendekati suaminya seraya bertanya, “Apa yg terjadi? Engkau baik-baik saja kan? Apa yg diambil oleh perampok tadi?”  Lelaki itu mengangkat bahunya dan berkata, “Oh.. bukan apa-apa. Hanya sebuah koin penyok yang kutemukan tadi pagi”.

Bila kita sadar kita tak pernah memiliki apapun, kenapa harus tenggelam dalam kepedihan yang berlebihan? Sebaliknya, sepatutnya kita bersyukur atas segala karunia hidup yang telah Tuhan berikan pada kita, karena ketika datang dan pergi kita tidak membawa apa-apa.

Saudara-saudara kita mau merendahkan diri Kita Untuk merefleksikan perjalan kita, sebagai mana Kita bersyukur terhadap apa yang Kita dapatkan.

………………………………….Musik (Mari Masuk), Beberapa Saat………………………….

  1. Bernyanyi :

            SongLeader:

Mari masuk, mari masuk

Masuk hatiku, ya Yesus

Datang s’karang, datang tinggal

Dalam hatiku, ya Yesus

            Jemaat

Mari masuk, mari masuk

Masuk hatiku, ya Yesus

Datang s’karang, datang tinggal

Dalam hatiku, ya Yesus  ( dinyanyikan Beberapa Kali…)

  1. Doa Ucapan Syukur ( yang Membawakan 3 Orang Secara Bergantian)

Bersukur untuk     ………………………

Bersyukur untuk   ………………………..

Bersykur Untuk    ……………………….

Sebelum Berdoa (bernyanyi)

Kau telah memilihku Sebelum dunia dibentuk

Betapa aku bersyukur pada-Mu Ya Tuhan Allahku

Kau telah menunjukku sebagai alat k’rajaan-Mu

Betapa aku bersyukur pada-Mu Atas perbuatan-Mu

Jadikan aku bait suci-Mu Yang kudus dan yang tiada bercela

Jadikan aku mezbah doa-Mu Bagi keselamatan bangsaku

  1. Refleksi Tentang Apa Yang Kita Perbuat ( di Iringi Musik “ Selidiki Aku”)

Suatu ketika seorang anak bertanya kepada Ayahnya. “Pa, apakah kita bisa hidup tanpa dosa sepanjang  hidup kita?” Sang Ayah memandang anaknya dan menjawab, “Tidak, nak.”     Putri kecil ini kemudian memandang ayahnya dan bertanya lagi, “Apakah kita bisa hidup tanpa berdosa dlm setahun?”  Ayahnya menggelengkan kepalanya sambil tersenyum kepada putrinya.     “Bagaimana kalau 1 bulan, apakah kita bisa hidup tanpa melakukan kesalahan selama sebulan?”  Ayahnya tertawa,  “Mungkin tidak bisa juga, nak.”     “Hmm papa, ini yg terakhir kali…  Apakah kita bisa hidup tdk berdosa dalam 1 jam saja…?”

Akhirnya ayahnya mengangguk,  “Kalau satu jam mungkin bisa nak…”     Anak ini tersenyum lega, “Kalau begitu, aku akan hidup benar dari jam ke jam, pa…  Lebih mudah menjalaninya, dan aku akan menjaganya dari jam ke jam, sehingga aku dapat hidup dengan benar… ”  Utk semua pemimpi-pemimpi lainnya di luar sana, Jangan pernah berhenti atau membiarkan kenegatifan dunia mempengaruhi anda dan menggerogotimotivasi anda dalam menggapai cita-cita. Jika kehidupan anda dikelilingi oleh orang-orang benar dan positive maka segala sesuatu menjadi mungkin.”

Bernyanyi :

                        Singer :

Selidiki aku lihat hatiku apakah ku sungguh mengasihi-Mu

Yesus Kau yg maha tau Dan menilai hidupku

tak ada yg tersembunyi bagi-Mu

Jemaat

Selidiki aku lihat hatiku apakah ku sungguh mengasihi-Mu

Yesus Kau yg maha tau Dan menilai hidupku

tak ada yg tersembunyi bagi-Mu

…………………………………Berikan Waktu Jemaat Untuk Berrefleski……………………

Bernyanyi Reff:

T’lah kulihat kebaikan Mu,  Yang tak pernah habis di hidupku

Kan ku berjuang pada akhirnya , Kau dapati aku tetap setia

  1. Filipi 4:10-13 ( dibacakan Oleh Satu Orang… dan dikembangkan Lagi)

prayerPasal ke empat ini merupakan sebuah pernyataan Rasul Paulus kepada jemaat yang berada di Filipi lewat surat pada saat dia berada dalam penjara. Pada saat Paulus berada dalam penjara, jemaat Tuhan yang dia layani sering mengirikan sesuatu yang bisa dia nikmati. Perhatian jemaat Tuhan yang ada di Filipi sangat luar biasa terhadap Paulus, walau mereka tidak berjumpa tetapi mereka telah menyatakan perhatian yang luar biasa. Apa yang di sampaikan Paulus lewat surat kepada jemaat yang ada di Filipi bukan berarti dia sedang berada dalam kekurangan, tetapi Paulus memberikan suatu gambaran kehidupan orang percaya lewat jemaat Filipi dan dari dirinya sendiri.

Paulus menyampaikan bahwa dia tahu apa itu kelebihan dan apa itu kekurangan. Artinya dia sangat paham benar kehidupan manusia, dia tahu bahwa ada saat dimana Tuhan memberkati dia secara luar biasa tapi kadang-kadang juga Tuhan mengijinkan dia harus melewati dan merasakan kekurangan dan pencobaan. Dua sisi kehidupan manusia dalam perjalanan hidupnya mengikut Tuhan. Ada sisi dimna kita di berkati oleh Tuhan dan itu memang janji Tuhan dalam hidup kita saat kita setia kepada Tuhan. Tetapi kadang juga Tuhan ijinkan kita harus melewati sebuah pergumulan hidup. Alkitab juga berkata, ketika kita memutuskan untuk mengikut Tuhan kita harus rela pikul salib

  1. Setelah Selesai Membaca, Kertas dan Pulpen di Bagikan Kepada Peserta dan Berikan waktu Bagi Peserta Untuk Menuliskan.. Apa yang Hendak Mau dikatakan Firman Itu Untuk Hidupnya. Dan setelah itu berikan 2-3 orang untuk membacakan hasilya.
  2. Bernyanyi :

Banyak perkara yang tak dapat kumengerti
mengapakah harus terjadi di dalam kehidupan ini

Satu perkara yang kusimpan dalam hati
tiada satu pun ‘kan terjadi tanpa Allah peduli

Reff: Allah mengerti, Allah peduli segala persoalan yang kita hadapi
tak akan pernah dibiarkan-nya kubergumul sendiri s’bab Allah mengerti

  1. Persembahan

2 Korintus 8:13-14 “Sebab kamu dibebani bukanlah supaya orang-orang lain mendapat keringanan, tetapi supaya ada keseimbangan. Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.”

Bernyanyi :Betapa hatiku,  berterima kasih Yesus

  1. Doa Persembahan
  2. Doa Permohanan (yang disamping Kanan mendoakan Pergumulan Pribadi yang disamping Kiri. Dan Langsung ditutup dengan Syafaat Umum )

Bernyanyi : “ Hanya Nama Yesus”

  1. Doa Penutup ( Syafaat Umum) dan Doa Bapa Kami

Bidang Pemibinaan PERMATA GBKP dan Pendeta Pemuda GBKP

Advertisements

Halo PERMATA silahkan berikan Komentar kalian

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s