MANIS PAHITNYA COKELAT VALENTINE


ed

“Ula tanggungindu, kelengndu man bangku, bahanlah sada keputusenndu, aminna gia harus tading aku…”

Mberaten kuakap i gantung-gantungndu, nambahi luka getem bas pusuhku, adi enggo sempat ngidah mataku, aku duakenndu…” (Kutipan Lagu “Merangap”)

Tadinya mau nge-tes suara, ehhhh keterusan jadinya. (maklum habis putus sama pacar), lhooo kok jadi curhat yaaa… hahaha.. Lagunya dalem banget, cocok bagi orang muda yang punya nasib seperti saya (di duain) ngok, ngok, ngok, ga maksud nyombong, 4 kali punya pacar (beru tarigan, perangin-angin, beru karo, sembiring) sudah cukup pengalaman, sekali serius eh diputusin,, nasibbbb,, nasib.. sepertinya ortu bakal “turun tangan” dan nasib turang si Sitinurbaya pun beralih pindah ke saya (makan tuh pengalaman) wkwkwkwk, DEPRESIII beraaattt sampai sekarang masih “JOMPO”—Jomblo La Empo-Empo!! hahaha (semoga gak pake lama, Amin ya owooohhhh)

Ngomong soal Valentine, bingung mau cerita apa!! pacar ga punya, gebetan ga ada, temen deket pada jauh semua..!! Ehhh nulis tentang Valentine (nanceppppp banget), banyak Versi mengenai sejarah Valentine, saking banyaknya akhirnya ga tau darimana asal muasal tradisi Valentine. Oke deh simak ya guys, walaupun minim pengalaman tapi kalo soal teori maksimal kok, hehe. Maaf, mau minum kopi dulu, takut dingin…

Dinginnya Kabanjahe cuma bisa di taklukin sama segelas kopi susu gingseng hangat yang pengertian sama jombloers, wkwkwk.. Lanjuuuttt.. Esensi makna Valentine Day setiap masa mengalami pergeseran sehingga ada aja yang ribet ngurusin taradisi Valentine. Ada yang bilang ga sesuai norma agama lah, ga sesuai norma budaya, ga sesuai sama budaya Timur (Indonesia) lah. Tapi khususnya bagi kaum muda yang masih bernafas di negeri ini, toh masih ngerayain Valentine Day (so what, right??) selama tradisi ini masih berkontribusi positif bagi kehidupan kita, bener ga?? Dari makna nya, Valentine Day lebih banyak orang yang mengartikannya sebagai hari Kasih Sayang, Geoffrey Chaucher ditahun 1.400-an bikin karya buku judulnya “Parlement Of Foules” (Percakapan Burung-burung) For this was sent on Seynt Valentyne’s day. When every foul cometh there to choose his mate. Nah semenjak Geoffrey nulis buku “POF” itu seluruh dunia ngerayain Valentine Day setiap tanggal 14 Februari di setiap tahun. Mereka ngerayain tradisi ini dengan kirim-kiriman surat cinta, tuker-tukeran cokelat, si cowo ngasih bunga mawar sama gebetan atau pacarnya begitu juga sebaliknya (cieee so sweet banget yah). Kenapa bunga mawar? #emang kalian tega ngasih bunga bangke?. Kenapa boneka babi? #emang mau ngasih babi beneran hidup-hidup?. Kenapa warna pink? #kalo warna hitam disangka lagi ndahi si mate-mate, kalo warna putih disangka pocong, kalo pake warna merah di sangka supporter MU… Huaaaaaaaa,,, ya cocoknya warna PINK deehh ! @$##Pasti pada mikir!.

Geoff dalam bukunya bilang “Every Day is Valentine day..”, Yap, setuju banget, ketika kita memknai bahwa Allah selalu memberikan kasih-Nya kepada kita setiap hari, maka dengan permenungan itu pula kita bisa mengasihi sesama kita dengan K-A-S-I-H. Renungkan ini : “Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! (Ratapan 3:22-23)” Nah, So what is our reason not to love others..?? Apa alasan kita untuk tidak mengasihi orang lain? Apa harus menunggu tanggal 14 Februari setiap tahun? Ma labo ari?? Kekelengen e arus bagi sampuren, la erkeri-kerin. Selalu baru setiap hari.. Kasih yang kita tabur adalah kasih universal. Kasih yang tidak memandang suku, agama, budaya, dan sebagainya. Kerina kalak harus nggejabken kekelengen si ibereken kita. Itu baru Valentine!! SETUJU..??? Biarlah tanggal 14 Februari setiap tahun jadi tanggal untuk merayakan nya sebagai tradisi. Tapi hukum KASIH, wajib dirayakan setiap hari, for every one setuju..?? Rasul Paulus bilang buat jemaat di Roma “Sikeleng-kelengenlah kam bagi si ersenina. Silebe-lebenlah kam i bas mpehaga teman (Roma 12:10). Nah lho… dalem banget ya.. bisa ga ya?? Anak muda harus optimis!! PERMATA harus punya tekat..!! hari gini masih punya musuh?? Dah ga jaman lagi kayanya jaman dah modern, teknologi dah canggih, bukannya memperbanyak teman, malah tidak bisa berdamai dengan perasaan sendiri dan orang lain. Kita mau Tuhan selalu sayang sama kita, kita ikut aturan main-Nya, kita mau sahabat kita peduli tentang kondisi kita, disaat bersamaan kita juga harus jadi pendengar dan penolong yang setia. Kita mau pacar kita setia sama kita? jangan pernah sekalipun khianati kepercayaan yang udah doi kasih sama kalian. Kalo kita makan cokelat, bukan  cuma manis yang kita rasakan, rasa pahit yang secara bersmaan pula yang harus kita telan, itulah nikmatnya cokelat..!! Urusan persahabatan dan percintaan juga ga ada beda nya dengan rasa cokelat, namanya juga manusia yang punya akal, pikiran, dan perasaan. Ya kn? Ga terus-terusan manis, itu biasa, asal jangan kebanyakan pahitnya aja, nanti bukan cokelat, tapi malah empedu..!! kakakakakak…Maaf ada sms masuk, mau reply dulu bentar..

Kirain yang nge-sms saya gebetan, eh malah bbm nde karo (emak saia) “nakku uang sekolah dua adekndu jangan lupa transfer ya bang” Nah lhoo,, malah Moderamen belum ngeluarin gaji Vicaris lagi, hahaha, oke kita lanjutt.. Naaaahhh.. PERMATA yang diberkati Tuhan, belajar dari sekarang manfaatin segala media yang ada untuk mempererat tali persaudaran kita. GBKP berani mencanangkan tahun Solidaritas Ekseternal 2013. Itu tandanya kita “ber-Valentine” bukan dengan sesama kita kalak Karo, hanya se-GBKP, labo terjeng sada kiniteken, tapi PERMATA GBKP ditantang untuk lebih keluar (Yoh 3:16)..!! Bikin program PERMATA yang berani berbeda. Buat acara Paskah atau Natal dengan ngundang pemuda masjid. Membangun relasi yang apik guna membangun sebuah pemahaman baru bahwa “PERMATA GBKP hadir untuk jadi garam dan terang dunia (Misi Gereja-Gereja Indonesia)”.    Akhir dari tulisan ini, kita jadi “Aron” Dibata labo jadi “Pegawai”-Na. Itu tandanya kita bekerja sama (tugas aron) untuk membawa misi GBKP melalui Organisasi PERMATA. Si sampaten radu si kelengen. Nggeluh bagi kula ni Kristus, Si Ageng-agengen radu mbiring, si kuning-kuningen radu megersing. Ber-Valentine lah dengan Allah, dan Dia yang menyanggupi kita untuk kita dapat ber-Valentine dengan semua orang, TANPA TERKECUALI.! BERANI NGERAYAIN VALENTINE = BERANI BERSOLIDARITAS!! Tuhan Memberkati..!!

Oleh : CVic. Imanuel Ginting’s S.Si-Teol

Penulis : PERMATA GBKP Rg. Tg. Priok, Klasis Jakarta-Banten

Advertisements

Halo PERMATA silahkan berikan Komentar kalian

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s